BK FKIP UHAMKA KOLABORASI DENGAN BK IAIN BATUSANGKAR LAKSANAKAN KONSELING TRAUMA KEPADA KORBAN GEMPA BUMI DI PASAMAN BARAT

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Dalam mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi BK FKIP UHAMKA merancang kegiatan pengabdian masyarakat di daerah bencana gempa bumi Pasaman Barat, Sumatera Barat. Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan konseling trauma dengan sasaran adalah masyarakat korban bencana. Dalam melaksanakan kegiatan tim Abdimas BK FKIP UHAMKA mendapat dukungan penuh dari Ketua LPPPM UHAMKA dan Pimpinan FKIP UHAMKA. 

Kegiatan Konseling trauma ini di rancang sedemikian rupa dengan bentuk pendampingan psikososial masyarakat korban. Pada pelaksanaan kegiatan tim Abdimas BK FKIP UHAMKA berkolaborasi dengan BK IAIN Batusangkar yang juga melaksanakan kegiatan yang sama di lokasi yang sama. Sebuah kesempatan yang luar biasa kami bisa melaksanakan kegiatan ini bersama BK FKIP UHAMKA, semoga kegiatan ini menjadi cikal bakal semangat kita untuk terus bekerjasama kedepannya, dan bermuara dengan adanya MoU antara UHAMKA dengan IAIN Batusangkar” papa Emilia Hardi selaku kepala Lab. BK IAIN Batusangkar. 

Adapun delegasi UHAMKA di wakili oleh Fitniwilis, Fatma Nofriza, Chandra Dewi dan Dony Darma Sagita serta 1 orang mahasiswa Tania. Sedangkan IAIN Batusangkar di wakili oleh Emilia Hardi, Desri Jumiarti, Silvianetri, Masri, Ardimen dan Irman serta 4 orang mahasiswa yang mendampingi. Adapun kegiatan ini di sepakati bersama untuk saling support dan bekerjasama di lapangan.

Kegiatan bermula di Camp pengungsian di Simpang Timbo Abu dimana kegiatan SEFT, Psikoterapi islam, Play Therapy, Art therapy dilakukan bersama. Kemudian kegiatan di pondok pesantren Al Mukhlisin juga di laksanakan bersama yaitunya kegiatan Konseling kelompok, bimbingan kelompok, layanan Klasikal, role playing dan play therapy. Hal ini terlihat sinergisitas antara kedua tim terbentuk dengan baik, karena sesama memiliki bidang keilmuan yang sama dan kampus islami. 

Kami sangat senang dengan kolaborasi dan kerjasama kegiatan ini, dimana kami bisa sharing keilmuan dengan kawan-kawan dari IAIN Batusangkar, dan sebaliknya. Kemudian kerjasama ini juga menjadi ajang reunian antara dosen-dosen uhamka dengan dosen IAIN Batusangkar, karena ada yang dulunya sama kuliah, sesama ikut pelatihan, sesama studi lanjut di tempat yang sama, sesama pengurus Muhammadiyah dan sebagainya.

Selain kerjasama dengan BK IAIN Batusangkar, tim Abdimas BK FKIP UHAMKA juga bekerjasama dengan PW Aisyiyah Sumatera Barat dan memberikan bantuak kepada siswa MTs Muhammadiyah Kajai dan Pusat Koordinasi Tanggap darurat Muhammadiyah yang di gawangi oleh One Muhammadiyah One Respon (OMOR).

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/ Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis: Ade Putri Mulia

Editor : Husnin Nahry Yarza

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

Uncategorized

Prodi BK FKIP Uhamka Berikan Tips Mahasiswa Hadapi Perkuliahan

Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) merupakan satu dari 12 Program studi FKIP Uhamka yang telah terintegrasi dengan civitas akademika yang unggul dan berkemajuan. Untuk menciptakan lulusan yang unggul secara spiritual maupun akademik, Bimbingan Konseling FKIP Uhamka memiliki tips dan trik agar mahasiswa mampu berkembang sehingga

Mahasiswa Bimbingan Konseling FKIP Uhamka Ukir Prestasi di Program KBKM 2021

Pendidikan Bimbingan Konseling (BK) sebagai salah satu Program Studi unggulan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) yang telah mengukir sebuah prestasi baru melalui para mahasiswanya yang berprestasi, berakhlakul karimah dan berdaya saing tinggi dalam Program Kemah Budaya Kaum Muda atau KBKM 2021 atas lolosnya mereka sebagai perwakilan FKIP Uhamka

Do You Want To Boost Your Business?

drop us a line and keep in touch